Press "Enter" to skip to content

Wuling Cortez Indonesia, spesifikasi dan tipe 1.8C dan 1.5

admin 0

Wuling Cortez Indonesia- Sebagai pendatang baru di industri mobil Indonesia, kehadiran Wuling Cortez bisa dikatakan cukup fenomenal. Hadir sebagai pesaing dari Kijang Innova Toyota Sienta, Nissan Grand Livina, Voxy, Nissan Serena dan lain-lain.

Mobil ini pertama kali diperkenalkan pada 18 Desember 2017 di Sentul, Jawa Barat. Sebagai mobil keluarga yang masuk dalam segmen medium MPV, tentu sangat cocok digunakan bagi anda yang berjiwa muda, berbisnis, jalan-jalan serta untuk mengantar anak-anak ke sekolah.

Saat ini sudah ada 2 varian mesin yang digunakan oleh Wuling Cortez yaitu, mesin 1.8  dan mesin 1.5. Walaupun menggunakan mesin yang berbeda, namun kedua varian ini masih menggunakan model yang sama.

Mesin wuling Cortez 1.8 bisa menghasilkan tenaga 129 HP pada 5.600 rpm dengan torsi maksimum sebesar 174 Nm pada 3.600 sampai 4.600 rpm. Sedangkan mesin 1.5 mampu menghasilkan tenaga sebesar 110 HP pada 5.800 rpm dengan torsi maksimum 142 Nm pada 3.800-4.400 rpm.

Untuk transmisi, Wuling Cortez 1.8 menggunakan dua model yaitu manual dan matic , sedangkan untuk Wuling Cortez 1.5 hanya memiliki sistem satu transmisi saja yaitu manual. Mengenai  harganya sendiri mobil ini di bandrol dengan harga murah, semurah harga LMPV.

Wuling Cortez 1.5 tipe S  di bandrol dengan harga Rp 207.300.000 dan untuk tipe C di bandrol dengan harga Rp. 217.300.000, harga tersebut hanya berlaku di Kota Medan. Sedangkan untuk Wuling Cortez  1.8 yang termurah mulai dari harga Rp. 241.500.000. sedangkan yang termahal Rp. 277.500.000.

Lalu bagaimana dengan spesifikasi lengkapnya? Mari kita bahas di bawah ini.

Spesifikasi Wuling Cortez Indonesia

Eksterior

Kalau dilihat sekilas eksterior Wuling Cortez Indonesia mirip dengan Toyota Kijang Innova. Tapi kalau dilihat secara mendetail tentu tidaklah sama. Pada bagian depan cortez 1.8 C  untuk headlampnya lampu dekat sudah projector tapi masih bohlam, lampu jauhnya sudah reflector tapi juga masih bohlam. sedangkan 1.5  Lampu depan juga masih biasa dan belum dilengkapi dengan  LED

Di bagian grille, nampak elegan dengan dua buah line beraksen chrome serta lambang Wuling yang cukup mencolok disematkan di bagian tengah grille. Bumper nampak gagah dan dinamis dengan berbagai macam lekukan di sisi kiri kanan. Bentuk bumper juga dipermanis dengan adanya lampu kabut untuk memberikan penerangan tambahan yang lebih baik.

Sedangkan di bagian samping, Wuling Cortez Indonesia terlihat dinamis dengan model list yang memanjang tipis mulai  dari bagian depan hingga ke belakang. Kaca spion sudah menggunakan fitur smart retractable outer mirror with LED Turning signal, sehingga spion bisa dilipat secara otomatis dari dalam.

Di sisi pintu bagian bawah dilengkapi dengan list yang sedikit menekuk  ke dalam sehingga kesan mewah nampak terpancar dari bentuknya tersebut. Di bagian atap terdapat  dua roof rail yang berfungsi untuk menambah space storage bagi barang bawaan penumpang. Velg model two tone alloy berdiameter 16 inci.

Untuk bagian belakang, untuk cortez 1.8 c dan 1.5 masih menggunakana bohlam. kalau 1.8 L kesan mewah terlihat dari desain stoplampnya yang sudah menggunakan fitur LED Rear Combination Lamp. Selain itu ada juga rear foglamp yang terletak di bagian bawah kiri dan kanan bumper belakang. Kesan mewah juga dapat dilihat dari adanya High Mount Stop Lamp yang terletak di bagian atas belakang mobil seta Rear Fog Lamp. Mobil ini juga dilengkapi dengan elegant shark fin antenna.

Baca juga: Perbedaan Wuling Confer0 1.5 MT, Confero S 1.5 C dan Confero S 1.5 L

Interior

Interior terasa lega dan kesan mewah terpancar dari bentuk interiornya yang dipadu dengan berbagai macam teknologi canggih yang disematkan ke dalamnya. Dashboard dirancang elegan ditambah dengan beberapa panel yang modern.  Di tengah dashboard terdapat layar sentuh dengan ukuran 8 inch yang akan menampilkan beberapa tampilan menu seperti Bluetooth, mirroring, USB, SD Card, Aux-in maupun sistem navigasi.

Baik Cortez 1.8 C maupun Cortez 1.5  tidak terdapat sunroof electric seperti pada tipe 1.8 L. kursi pengemudi masih menggunakan tuas untuk reclining maupun sliding. Untuk menyimpan barang-barang kecil, Wuling Cortez juga sudah menyediakan Storage berupa cup drink holder yang terletak di tengah console pengemudi serta Armrest Box. Di bagian dashboard terdapat Glove Box Compartment. Di bagian pintu depan ada Front Door Pocket. Begitu juga dengan Rear Door Compartment yang terletak di pintu samping belakang. Selain itu ada lagi Card Holder serta Seat Pocket.

Perbedaan Fitur MID pada Wuling Cortez 1.8 L dan 1.5

Untuk fitur MID , wuling Cortez 1.8 C dan 1.5,  untuk mengganti menu layar MID, keduanhya menggunakan tombol yang terletak di layar MID nya atau  menggunakan ordo meter biasa. Sedangkan pada Cortez 1.8 L untuk mengganti menu bisa dilakukan dengan menggunakan tombol pengaturan yang terdapat pada setir mobil.

untuk layar MID Wuling Cortez 1.8 L memiliki tampilan warna, sedangkan versi 1.5 hanya mempunyai layar hitam putih saja. Untuk seatbelt indicator versi 1.8 L dapat mendeteksi pengguna seat belt di kelima kursi. Sedangkan versi 1.5 hanya di kedua kursi saja.

Layar MID pada Wuling Cortez 1.8 L dapat menampilkan posisi gigi mobil. Sedangkan pada tipe 1.5 tidak bisa. Walaupun kedua tipe sama-sama memiliki fitur Tyre Pressure Monitoring System (TPMS), namun versi 1.8 L saja dapat mengukur suhu ban. Untuk versi 1.5 tidak bisa. Demikian juga dengan Suhu udara di luar mobil yang hanya dapat dideteksi melalui layar MID pada Cortez 1.8 L, sedangkan pada Cortez 1.5 tidak bisa.

Sedangkan untuk sistem Navigasi hanya ada pada layar MID Cortez 1.8 L yang tidak dimiliki oleh Cortez versi 1.5. begitu juga dengan Musik yang sedang diputar melaui head akan tampil juga di layar MID Cortez 1.8 L, sementara pada Cortez 1.5 tidak ada.

Bagi anda yang ingin mencari kontak pilihan dan menghubungi lewat jaringan telepon dapat dilihat di layar MID Cortez 1.8 L, sedangkan  pada Cortez 1.5 tidak ada. Di layar MID pada Cortez 1.8 L juga terdapat fitur Fatigue Driving Warning untuk memberikan peringatan saat pengemudi telah berkendara terlalu lama.

Fitur Keselamatan, keamanan dan kenyamanan

Untuk fitur keselamatan, wuling Cortez sudah dilengkapi dengan Dual SRS Front Airbag , ISOFIX yang berguna untuk keselamatan balita. Adjustable Height Seat Belt. Ada juga terdapat  rem parkir masih menggunakan tuas.

Di bagian keamanan, wuling cortez dilengkapi dengan Immobilizer. Sedangkan untuk kenyaman Wuling Cortez sudah dilengkapi dengan 4 kamera parkir sensor parkir (1.8). Lalu ada pembuka jendela otomatis.

Sedangkan untuk kenyamanan, di bagian kemudi terdapat Audio Steering switch yang akan memudahkan pengemudi untuk mengoperasikan audio di bagian dashboard serta call botton. Untuk menghidupkan mesin ada fitur ignition with back light.

Kaki-kaki

Tipe stir menggunakan Rack and Pinion, Electric Power Steering (EPS). Sedangkan suspensi depan Wuling Cortez mempercayakan pada McPherson Strut Coil Spring, Independent Suspension. Untuk bagian belakang menggunakan Coil Spring, Semi-Independent Suspension.

Rem menggunakan cakram di keempat roda yang dilengkapi dengan fitur bantu pengereman menggunakan ABS, EBD, dan BA. Untuk Velg menggunakan Alloy with Machining dengan ban ukuran 205/55R16.

Untuk membantu kendaraan agar tidak terperosok saat berhenti dan akan bergerak di jalan tanjakan, Wuling Cortez ini juga sudah dilengkapi dengan Hill Assist Control (1.8). sedangkan untuk menjaga kestabilan, Wuling Cortez dilengkapi dengan Electronic Stability Control (1.8).

Baca Juga: Wuling Confero S – Spesifikasi dan harga 2018 Medan

Demikianlah informasi tentang  Wuling Cortez Indonesia tipe 1.8C dan 1.5, semoga informasi ini bisa menjadi referensi yang penting bagi anda sebelum memutuskan untuk membelinya. (Herryansyah)

 

Jika Tulisan ini bermanfaat, silakan dibagi ke teman anda..

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *