Press "Enter" to skip to content

ini Perbedaaan wuling cortez 1.8 L dan Mitsubishi Xpander ultimate

admin 0

Wuling Cortez 1.8 – kedua tipe mobil Baik Wuling Cortez 1.8 L maupun Mitsubishi Xpander ultimate A/T merupakan sama-sama tipe tertinggi dari masing masing merk mobil tersebut. Hal ini dikarenakan banyak sekali kelebihan-kelebihan yang dimiliki oleh kedua mobil tersebut. Tapi walaupun sama-sama jenis  mobil keluarga, keduanya bermain dikelas yang berbeda.

Untuk Wuling Cortez bermain dikelas  MPV sedangkan Mitsubishi Xpander bermain dikelas LMPV. Kedua mobil ini masih bisa dibandingkan karena keduanya mempunyai harga yang tidak terlalu jauh berbeda. Untuk harga Wuling Cortez 1.8 L dibandrol dengan harga Rp. 279.500. sedangkan Mitsubishi Ultimate dibandrol dengan harga Rp. 268.000.000. untuk kota Medan.

Lalu apa saja perbedaan lainnya terhadap kedua tipe mobil ini, silahkan disimak informasinya dibawah ini!

Perbedaan Wuling Cortez 1.8 L dan Mitsubishi Xpander Ultimate

Dimensi

Wuling cortez 1.8 L mempunyai panjang 4780 mm, lebar 1816 tinggi 1755 dan ground clearance 170 mm Sedangkan  xpander ultimate panjangnya 4475, lebar 1750 dan tinggi 1700 dan ground clearence 205 mm. Dari perbandingan tersebut nampak perbedaan keduannya, Wuling cortez lebih panjang 305 mm, lebih lebar 134 mm dan lebih tinggi 55 mm.

Mesin

Wuling Cortez 1.8 menggunakan mesin 1800 cc yang dapat menghasilkan tenaga sebesar 129 HP dengan torsi maksimum 174 NM, Tenaga disalurkan melalui transmisi AMT ke penggerak roda depan dengan 5 percepatan. Bahan bakar bensin dan tangki dapat memuat  maksimum 52 liter.

Xpander mengunakan mesin 1499 cc tenaga maksimum  yang dihasilkan sebesar 103 HP dengan torsi maksimum sebesar 141 NM. Tenaga disalurkan melalui transmisi A/T dengan 4 percepatan melalui penggerak roda depan. Bahan bakar yang digunakan juga berupa bensin dengan tanki maksimum sebanyak 45 Liter.

Wuling Cortez 1.8 L sudah menggunakan power steering dan posisi kemudi hanya menggunakan Tilt saja, Xpander di sini lebih unggul, karena selain menggunakaan power steering dan Tilt, juga sudah menggunakan telescopic. Sedangkan Wuling Cortez tidak ada.

baca juga: ini dia Perbedaan Wuling cortez dengan Kijang Innova venturer

Eksterior

Kalau dilihat bagian depan, Wuling Cortez 1.8 L  nampak lebih kalem dan sederhana, lampu depan sudah menggunakan LED Headlamp with auto lamp. Untuk lampu foglamp juga sudah LED dan sudah ada LED Daytime Running Light. Untuk Xpander Pada bagian depan memiliki desain yang futuristik dengan desain  Dynamic Shield.

Pada bagian paling atas terdapat lampu senja atau disebut dengan LED Positioning lamp. Sedangkan lampu utamanya ada di bagian tengah dan menggunakan lampu halogen dengan multireflektor. Mobil ini juga sudah dilengkapi dengan lampu kabut atau fog lamp menggunakan lampu halogen dengan multi reflektor yang terletak pada bagian paling bawah.

Di sisi belakang Wuling Cortez 1.8 L desain belakang juga dibuat lebih sederhana namun tetap memancarkan aura kemewahan. Hal itu berkat disematkannya stop lamp yang mirip dengan SUV Audi. Selain itu di belakang mobil ini juga sudah dilengkapi dengan high mount stop lamp dan lampu belakang LED serta rear foglamp.

Untuk sisi belakang, Mitsubishi Xpander juga memiliki tampilan yang cukup bagus. Untuk lampu senja dilengkapi dengan lampu LED bar.Sedangkan untuk lampu rem, signal turn maupun mundur masih menggunakan lampu bohlam biasa. Disisi belakang Mitsubishi Xpander Ultimae juga sudah dilengkapi dengan rear-upper spoiler. di bagian tengah spoiler terdapat lampu high-mounted stoplamp. Untuk antenna baik Wuling Cortez 1.8 L maupun Mitsubishi Xpander Ultimate, sama-sama menggunakan shark fin Antenna.

Interior

Di bagian interior, Wuling Cortez 1.8 L menggunakan untuk dashboard bagian atas sudah dilapisi kulit dan ada wood panel dashboard, door trim di baris kedua yang dibalut dengan bahan kain ( door trim with fabric). Sedangkan pada Mitsubishi Xpander Ultimate dashboard terdapat model jahitan, namun semuanya hanya imitasi yang terbuat dari plastik, tidak ada Wood panel dashboard maupun door trim with fabric.  Wuling Cortez 1.8 L memiliki Sunroof, Ambient Light Cup Holder, All rows power outlet. Pada Mitsubishi Xpander tidak ada sunroof maupun Ambient Light Cup Holder.

Wuling Cortez 1.8L menggunakan Doortrim with fabric, soft touch dashboard, wood panel dan comb dashboard. Sedangkan pada Mitsubishi Xpander Ultimate, tidak memiliki semuanya. Pada layar MID, Wuling Cortez 1.8 L terdapat fitur berupa, Tire Pressure Monitor dan Tire Temp Monitor. Sementara fitur keduanya tidak terdapat pada Mitsubishi Xpander Ultimate.

Wuling Cortez 1.8 mempunyai dua pilihan kursi penumpang yaitu, 7 seat dan 8 seat sedangkan. Kursi tersebut sudah terbuat dari bahan kulit. Sedangkan Mitsubishi Xpander Ultimate hanya mepunyai satu model saja yaitu model kursi memanjang dengan kursi tengah dibaris kedua dapat dilipat sebagai handrest. Material jok dibuat dari kain. baik Cortez maupun Xpander mempunyai kursi ketiga yang bisa dilipat.

baca juga: Perbedaan Wuling Confero 1.5 MT, Confero S 1.5 C dan Confero S 1.5 L

Audio dan entertainment.

Wuling Cortez 1.8 L sudah menggunakan layar touchscreen yang dapat memutar media FM, AM dan Radio ada juga fitur Navigation System, Blootooth Connectivity, USB dan Auxiliary Input. Ada juga CD Player dan DVD Player. Xpander juga memiliki fitur yang sama akan tetapi untuk Xpander tidak dilengkapi dengan Navigation System.

Sistem audio baik Wuling Cortez 1.8 maupun Mitsubishi Xpander sudah terintegrasi dengan 2 Din Audio dengan keluaran  suara yang disalurkan melalui  2 Speaker depan maupun 2 speaker belakang. Kedua mobil ini juga sudah dilengkapi dengan front tweeter.

Fitur Kenyamanan

Dalam hal kenyamanan, Wuling Cortez 1.8 L sudah dilengkapi dengan A/C otomatis, sensor parkir depan, safety belt indicator, remote open sunrooof. Height adjuster front safety belt, foldable remote keyless entry, remote open window and trunk. Lalu ada juga  power windows, central door lock, pinch protection driver side window, electric tailgate lock, follow me home light. Ditambah dengan ignation with back light, audio steering switch and call botton.

Wuling Cortez 1.8 L juga dilengkapi dengan sunglass holder, auto headlamp, auto front wiper dan MID Steering Switch. Untuk menghidupkan mesin mobil Wuling Cortez 1.8 L tidak mempunyai tombol Engine start/stop Botton seperti yang dimiliki oleh Mitsubishi Xpander Ultimate, tapi memiliki Foldable remote keyless entry dan immobilizer. wuling cortez mempunyai rectratable outer mirror with LED Turning signal.

Sedangkan pada Mitsubishi Xpander Ultimate tidak ada fitur sensor parkir depan dan tidak terdapat remote open sunroof. Ataupun safety belt indicator. namun memiliki  A/C otomatis, immobilizer, power window depan dan belakang, pemanas, power steering, adjustable seat, kursi pengemudi dengan penyesuaian ketinggian, rectratable outer mirror with LED Turning electric juga, pembuka  bagasi dan lampu pengingat bahan bakar.

fitur Keselamatan dan keamanan

Untuk keselamatan dan keamanan penumpang Wuling Cortez 1.8 L menggunakan 4 airbag, dual airbag front dan side airbag-front. Sedangkan untuk Xpander hanya menggunakan dual air bag front saja, side airbag-front tidak ada. Keselamatan dan keamanan Wuling Cortez 1.8 L juga didukung dengan adanya fitur  traction control system, yang mencegah roda slip saat mobil berakselerasi di jalanan licin dan basah. Automatic Vehicle Holding, Auto door Lock by Speed, Font  Impact Beam, Side Impact Beam, Issofix tether. Hill Hold Control, electric Stability Control serta Electronic Parking Brake. Sama dengan Xpander yang juga menggunakan fitur keselamatan seperti pada Wuling Cortez 1.8, tapi bedanya mobil ini tidak menggunakan fitur Automatic Vehicle Holding dan Electronic Parking Brake.

Kaki-Kaki

Untuk pengereman, Wuling Cortez 1.8 menggunakan rem model cakram di bagian depan begitu juga di bagian belakangnya. Sistem pengerman sudah dilengkapi dengan beberapa fitur seperti ABS dan EBD. Mobil ini juga sudah dilengkapi dengan Hill Start Brake Assist, vehicle stability Assist dan juga traction control. Velg terbuat dari Alloy dengan ukuran ring 16 inch dengan ukuran ban 205.55.

Xpander  menggunakan rem depan model cakram sedangkan di bagian belakang masih menggunakan tromol.  Sistem pengereman sudah dilengkapi dengan beberapa fitur seperti ABS dan EBD. Mobil ini juga sudah dilengkapi dengan Hill Start Brake Assist, vehicle stability Assist dan juga traction control. Untuk Velg Xpander juga terbuat dari Alloy dengan ukuran ring 16 inch dengan ukuran ban 205.55.

Untuk suspensi Wuling Cortez 1.8  menggunakan MacPherson Strut Independence di bagian depan.  Untuk suspensi belakang menggunakan Coil Spring Indepedence, Shock absorbers model Coil Spring. Sedangkan Mitsubishi Xpander Ultimate di bagian depan menggunakan Suspensi MacPherson Strut Coil Spring. Sedangkan bagian belakang menggunakan Torsion Beam dan Shock  Absorbers sama seperti Wuling Cortez 1.8 yaitu model Coil Spring juga.

Kesimpulan

Kedua mobil tersebut memiliki kelebihannya masing-masing, namun bagi anda yang ingin memiliki mobil mewah dengan handling yang paling stabil dan paling cepat larinya, anda bisa memilih Wuling Cortez 1.8 L. Tapi bagi anda yang menginginkan sebuah mobil dengan suspensinya yang nyaman, anda bisa memilih Mitsubishi Xpander Ultimate.

Demikianlah perbedaan antara Wuling Cortez 1.8 L dengan Mitsubishi Xpander Ultimate, semoga bisa menjadi referensi bagi anda sebelum memutuskan untuk membelinya. (Herryansyah)

Jika Tulisan ini bermanfaat, silakan dibagi ke teman anda..

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *