Press "Enter" to skip to content

Toyota Avanza 2019, Eksterior, Interior, keamanan dan keselamatan

admin 0

Toyota Avanza 2019 – Setelah ditunggu-tunggu akhirnya Toyota Avanza 2019 terbaru  resmi diluncurkan. Peluncuran Toyota Avanza 2019 bersamaan dengan peluncuran varian  Avanza Veloz 2019 pada 15 Mei 2019 di Fairmont Hotel.

Model Toyota Avanza 2019 kini hadir dengan beberapa penyegaran yang cukup signifikan. Dengan hadirnya Toyota Avanza 2019 ini akan semakin memperketat persaingan pasar MPV di Indonesia dan diharapkan mampu merebut kembali sebagai mobil keluarga terlaris yang saat ini masih dikuasai Xpander. lalu, apa saja pembaruan yang diterapkan pada Toyota Avanza 2019 ini?

Jika dilihat dari bentuk tampilan fisiknya, Toyota Avanza 2019 tidak banyak yang berubah dengan varian sebelumnya. Meski demikian, tetap saja kesan modern dan pembawaan yang lebih futuristik tampak begitu kental ditunjukkan oleh mobil ini. Toyota Avanza 2019 terbaru  ini mengadopsi konsep desain yang dimiliki oleh Vellfire dan Voxy dengan mengedepankan aura sporty-modern.

Ada beberapa fitur tambahan yang juga turut dihadirkan pada bagian ruang kabin dengan tampilan interior yang lebih fresh guna memanjakan para penumpangnya. Nah, untuk lebih lengkapnya, berikut saya sajikan penjelasan tentang Toyota Avanza 2019

Untuk dimensinya, Toyota Avanza 2019 ini masih mengusung ukuran yang sama dengan varian sebelumnya. Mobil ini memiliki ukuran 4190 x 1660 x 1695 mm dengan jarak poros roda (wheelbase) 2655 mm.  Kapasitas tangki bahan bakar 45 liter , dibangun dengan ukuran ground clearance setinggi 200 mm sehingga  cukup nyaman ketika melewati jalan yang tidak rata  dengan banyak polisi tidur atau penuh bebatuan.

Toyota Avanza 2019, Eksterior, Interior, keamanan, kenyamanan, keselamatan, mesin dan kaki-kaki

Eksterior

Bila dilihat dari segi eksterior, tampilan Toyota Avanza nampak ada perubahan yang sangat signifikan.  Hal ini dapat dilihat mulai dari desain grille radiator depan dengan nuansa garis chrome dan lebih lebar. Desain lampu kabut bagian depan juga mengalami perubahan, saat ini berbentuk segitiga dan masih menggunakan lampu halogen.

Lampu utama depan juga mengalami perubahan,  hadir dengan konsep futuristik dengan menggunakan desain lampu dua tingkat mirip seperti desain Toyota Velfire. bohlam depan bagian lampu atas sudah menggunakan LED, sedangkan lampu sein masih menggunakan lampu halogen. Untuk saat ini, belum ada daytime running light.  

Untuk desain bagian samping mobil, nampak tidak banyak ada perubahan dibandingkan dengan Grand New Avanza lama. Hanya tampak sebuah garis horizontal yang membentang dari bagian depan hingga belakang. Selain itu, terlihat aksen New Side Body Molding pada Avanza generasi 2019 ini. Sehingga memberikan aura sporty yang lebih kuat.  di samping kanan dan kiri dibawah kaca spion terdapat emblem Dual VVT-i.

Desain kaca spion juga mengalami perubahan sehingga terkesan lebih sporty. Pada spion  terdapat lampu lampu sign yang lebih lancip. Hal ini bertjuan untuk mempermudah kendaraan lain yang datang dari arah samping atau dari arah berlawanan akan lebih jelas untuk melihat lampu sign tersebut.

Sedangkan di bagian belakang mobil, ada perubahan desain. Lampu belakang didesign lebih melengkung ke sisi dalam mobil. Selain itu ada lampu tambahan dan menyatu sampai ke tuas pintu bagasi belakang. Pada bagian pintu bagasi terdapat dua lampu reflektor warna merah. bamper juga mengalami perubahan desain,  terutama pada lampu reflektor di bagian kanan dan kiri bamper.

Lampu rem pada spoiler atas belakang terdapat perubahan desain, lampu belakang berbentuk baru dengan tambahan Lens Garnish. Pada bagian belakangnya kini dilengkapi dengan rear spoiler dan juga stop lamp dengan konsep pintu belakang Garnish design berlapis Chrome.

Baca juga: ini kelebihan Wuling Confero S 1,5 L dan Mitsubishi Xpander Ultimate

Interior

Sementara itu, memasuki bagian ruang kabin pada  Toyota Avanza 2019 ini, tampak beberapa pembaruan seperti nampak dashboard dengan New Grey Aesthetic Ambience Dashboard Design & New Fine Seat Cover Color. Warna dashboard bagian bawah, coklat terang dan bagian atas berwarna gelap.

Pada bagian head unit disematkan NEW Premium Touch Screen. berbagai fitur entertainment jiga sudah disematkan seperti T-Link (USB Mirroring), Emergency Call, USB Connection, Bluetooth, DVD Player, iPad/iPhone Connectivity, dan pengaturan 6 Speakers.  

Untuk pendingin ruangan, mobil ini hadir dengan  New Center Cluster with Digital A/C Display. Pengaturan AC bagian kanan memiliki 2 fungsi, yaitu untuk menambah putaran kipas dan menurunkan putaran kipas AC. Sedangkan dua tombol AC, digunakan untuk menaikan atau menurunkan suhu AC. Pada bagian ac digital juga terdapat tombol sirkulasi udara dan maximum cooling.

Lingkar kemudi bergaya New Steering Wheel Terdapat fitur untuk mengatur posisi ketinggian setir (tilt steering), sehingga pengemudi dapat memilih ketinggian setir, sesuai dengan selera. Desain stir atau kemudi dari kendaraan dilengkapi dengan tombol multifungsi. Terdapat fitur ABS (antilock braking system). Fitur rem ABS biasanya ada pada mobil mewah untuk mengindari slip pada pengereman.

Mobil ini sudah dilengkapi dengan tombol pengaturan Front Passenger Seat Belt Warning yang akan menyala jika pengemudi menggunakan sabuk pengaman saaat mobil sedang berjalan. Layar MID berkonsep New Combination Meter Design pun digunakan pada mobil ini, juga turut dihadirkan dengan kelengkapan panel indikator digital yang kini jauh lebih fungsional.

Untuk ruang penumpang tetap luas serta dilengkapi dengan jok yang bisa diatur sedemikian rupa. Pada masing-masing pintu dari Toyota Avanza 2019 ini dilengkapi dengan Power Window Panel Design yang akan memudahkan penumpangnya saat ingin mengatur posisi kaca jendela. terdapat soket car charger di bagian kursi penumpang.

Kenyamanan

Untuk kenyamanan Toyota Avanza 2019 diantaranya:

  1. Suara mesin sangat kecil terdengar di dalam kabin.
  2. Untuk melipat kursi kedua, hanya perlu memutar knob tanpa harus mendorong sandaran jok untuk membuat sandaran jok rebah kedepan.
  3. Desain dan bahan jok dirubah dan terasa lebih empuk.
  4. Desain kursi jok baris ketiga dapat dilipat sebagian, baik jok sisi kanan ataupun jok sisi kiri.
  5. Suspensi terasa empuk sehingga para penumpang akan merasa nyaman selama dalam peralanan.

Keselamatan dan Keamanan

Untuk faktor keselamatan dan keamanan Toyota Avanza 2019 sudah menerapkan beberapa fitur baru diantaranya:

Sudah dilengkapi dengan Kunci Immobilezer pada tipe 1.5 G dan tipe 1.3 G. Untuk keselamatan bayi, Toyota Avanza 2019 dilengkapi ISOFIX fitting, untuk mempermudah pemasangan kursi bayi, sehingga bayi akan aman.

Pada penumpang ketiga di jok baris kedua terdapat sabuk pengaman tersilang yang  tersambung ke plafon mobil.

Sabuk pengaman sudah dilengkapi dengan pretensioner force limiter. Sebagai pengingat untuk pengemudi dan penumpang depan, mobil ini dilengkapi dengan lampu peringatan  yang berada di tengah dashboard mobil disebelah kiri tombol lampu segitiga merah (hazard light button).

Pada saat mobil berjalan baik pengemudi maupun penumpang depan tetap tidak menggunakan sabuk pengaman, maka suara perigatan akan terus berbunyi. Jika pengemudi maupun penumpang depan tetap tidak menggunakan sabuk pengaman, suara peringatan penggunaan sabuk pengaman akan semakin keras.

Untuk menghindari benturan keras dari samping mobil, demi keselamatan, mobil ini sudah dilengkapi dengan side impact beam yang trletak pada sisi samping, baik pintu depan dan pintu belakang. Untuk pengereman sudah dilengkapi rem ABS (Anti-lock braking system).

baca juga: Honda HRV E, Spesifikasi dan harga Medan 2018

Mesin

Tidak ada perubahan pada sisi mesin pada Toyota Avanza 2019 jika dibandingkan dengan Grand New Avanza. Mesin Toyota Avanza 2019 menggunakan mesin dual VVT-i yang lebih hemat bahan bakar dan suara mesin yang lebih halus. Sehingga dapat mengurangi kebisingan didalam kabin mobil.

Mesin Toyota avanza 2019 menggunakan sistem dual VVT-i, menghasilkan daya maksimum 96.5 Ps / 6,000 rpm dan 12.3 Kg.m per 4200 rpm. Memiliki 4 silinder dengan kapasitas 1.3 liter. Mesin tersebut dikawinkan dengan transmisi otomatis 6 percepatan atau manual 5 percepatan.

Mesin Dual VVT-i ini memiliki 8 lubang injektor, setiap lubang injektor dikecilkan. Sehingga injeksi bahan bakar lebih halus dan ini akan meningkatkan efisiensi pemakaian bahan bakar. Ahan bakar yang digunakan  minimum jenis BBM Pertalite (RON 90).

Kaki-kaki

Sedangkan untuk kaki-kaki mobil ini mengandalkan sistem suspensi  depan MacPherson Strut dan suspensi belakang 4-Link Lateral Rod yang mampu menjamin stabilitas dan kenyamanan berkendara. Sedangkan velg  mengandalkan velg Alloy dengan ukuran 14 inci dengan ukuran  ban 185/70 R14.

Demikianlah tulisan tentang Toyota Avanza 2019 yang dapat saya sajikan semoga bisa menjadi referensi yang penting bagi anda sebelum memutuskan untuk membelinya. (Herryansyah)

Jika Tulisan ini bermanfaat, silakan dibagi ke teman anda..

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *