Press "Enter" to skip to content

Sakit kepala belakang, penyebab dan penanganannya

admin 0

Sakit kepala belakang – Setiap orang pasti pernah merasakan sakit kepala, keluhannya yang dirasakan pada setiap orang pun berbeda-beda. Namun, yang sering terjadi pada beberapa orang adalah sakit kepala belakang.

Orang yang terserang sakit kepala akan merasakan nyeri pada bagian atas mata dan telinga, bagian atas kepala, bagian belakang kepala hingga leher bagian atas. jadi setiap lokasi timbulnya sakit kepala mungkin menunjukkan penyebab yang berbeda pula.

Pada umumnya, sakit kepala dapat disebabkan oleh gangguan dari pada struktur penyusun kepala itu sendiri, termasuk pembuluh darah, otot, dan saraf. Sakit kepala juga bisa dipengaruhi oleh faktor lain seperti penyakit hingga situasi lingkungan dan kondisi psikis.

Baca juga: herbal asam urat untuk mengurangi rasa nyeri dan bengkak dengan cepat

Sakit kepala belakang dan penyebabnya

Ada beberapa penyebab yang dapat mengakibatkan sakit kepala belakang yang perlu anda ketahui diantaranya: 

Sakit kepala Exertional

Sakit kepala Exertional biasanya muncul karena dipicu oleh berbagai macam aktivitas fisik yang dilakukan. Rasa nyerinya akan semakin bertambah parah bila jenis kegiatan yang dilakukan cukup berat, seperti berlari, batuk ataupun menegangkan otot saat buang air besar. Rasa nyeri tersebut timbul di bagian belakang kepala, yaitu  tepatnya di belakang mata atau di seluruh bagian kepala. Namun, sakit kepala ini hanya berlangsung sekitar 20 menit.

Pada umumnya sakit kepala ini tidak menandakan penyakit yang serius. Namun, sakit kepala exertional juga bisa menjadi pertanda adanya gangguan pembuluh darah di otak, meskipun kecil kemungkinannya dan kasus ini jarang terjadi.

Sakit Kepala Tegang

Sakit kepala tegang merupakan sakit kepala yang paling umum dirasakan oleh setiap orang dan biasanya terjadi pada tingkat yang ringan sampai sedang. Sakit kepala ini bisa disebabkan oleh kelelahan, stres, atau masalah pada otot-otot di leher atau rahang, seperti ketegangan otot. Sakit kepala ini biasanya berlangsung selama 20 menit sampai 2 jam.

Penelitian menunjukkan bahwa sakit kepala tegang tampaknya dapat meningkatkan kerentanan seseorang terhadap nyeri. Hal ini mengakibatkan nyeri otot di leher bisa menyebabkan sakit kepala bagian belakang.

Kurang tidur juga bisa menyebabkan sakit kepala tegang , begitu juga dengan lapar. Saat kambuh, seseorang akan merasa tegang dan ada tekanan di bagian dahi atau rasa sakit kepala bagian belakang dan leher selama sekitar 30 menit hingga beberapa hari. Namun biasanya sakit kepala tegang tidak sampai menghambat seseorang dalam melakukan aktivitas.

Neuralgia trigeminal

Neuralgia trigeminal merupakan penyebab lain nyeri di sisi kanan bagian belakang kepala. Neuralgia trigeminal disebabkan oleh pembuluh darah yang menjepit saraf trigeminal dan bisa mengakibatkan rasa sakit di wajah dan sakit kepala belakang.

Neuralgia oksipital (occipital neuralgia)

Neuralgia oksipital dipicu oleh gangguan pada saraf oksipital yang berada di sekitar saraf tulang belakang dari pangkal leher sampai kepala. Gangguan ini muncul akibat adanya tekanan atau iritasi dari saraf oksipital karena cedera, radang ataupun saraf terjepit.

Sakit kepala ini kadang dianggap migrain karena gejalanya yang hampir sama. Rasa sakit yang dirasakan pada neuralgia oksipital umumnya seperti sengatan listrik yang tajam yang menusuk pada kepala dan leher.

Migrain basilar

Migrain Basilar juga bisa menyebabkan sakit kepala yang nyerinya bisa terasa hingga belakang kepala, tepatnya pada arteri basilar. Migrain ini biasanya diawali dengan pandangan kabur, telinga berdenging, pusing serta muncul gangguan mendengar maupun berbicara.

Namun migrain tersebut tidak membuat penderitanya merasa lemah, meski dalam kasus tertentu, patut diwaspadai karena jenis migrain ini bisa terkait dengan stroke. Jika anda mengalami gejala seperti ini segera periksakan diri ke dokter.

Penanganan sakit kepala belakang

Ada beberapa tindakan yang dapat anda lakukan jika sakit kepala belakang muncul diantaranya:

  • Carilah tempat istirahat yang tenang untuk berbaring atau untuk sekadar duduk. Jika memungkinkan, carilah ruangan yang tenang dan gelap. Tenangkan diri dan cobalah untuk melemaskan bagian kepala serta pundak Anda.
  • Lakukan pemijatan di area  area yang sakit dengan ibu jari atau telunjuk. Berikan pijatan ringan terus menerus selama beberapa detik. Minta bantuan pada orang lain untuk memijitkan area kepala, leher, dan pundak Anda.
  • Jika sakit kepala belakang disebabkan oleh tegangnya otot-otot di bagian pundak dan leher. Karena stres, kelelahan, atau posisi duduk yang sama untuk waktu yang lama. lakukan peregangan sederhana seperti menekukan kepala Anda ke satu sisi kemudian putar perlahan ke arah bawah membentuk gerakan setengah lingkaran, biarkan dagu Anda menyentuh dada. Jika sakit kepala karena dehidrasi, segeralah untuk minum segelas air.

Demikianlah tulisan tentang sakit kepala belakang, penyebab dan penanganannya, semoga tulisan ini dapat bermanfaat bagi anda semua. (Herryansyah)

Jika Tulisan ini bermanfaat, silakan dibagi ke teman anda..

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *