Press "Enter" to skip to content

Ini dia Perbedaan wuling cortez dengan Kijang Innova venturer

admin 0

Perbedaan Wuling Cortez  – Kehadiran Wuling Cortez yang pertama kali  pada tanggal (18/12/2017) di Hotel Lor In, Sentul Bogor ini bisa menjadi hambatan bagi penjualan Kijang Innova. Karena Wuling Cortez dibandrol dengan harga murah namun perbedaan Wuling Cortez dengan Kijang Innova tidaklah terlalu jauh.

perbedaan Wuling Cortez yang paling menonjol terhadap Kijang Innova yang paling menonjol dapat dilahat dari harganya. Untuk harga Innova 2.0 Q Venturer AT dibanderol dengan Rp. 428.100.000, sedangkan untuk Wuling Cortez  1.8 L Lux + AMT dibanderol dengan harga Rp. 279.500.000. Harga tersebut berlaku untuk di kota Medan.

Wuling Cortez yang masuk dalam kategori mobil MPV ini langsung berhadapan dengan Toyota Kijang Innova karena kedua mobil tersebut memiliki dimensinya yang hampir sama. perbedaan Wuling Cortez yang lainnya seperti dimensinya. Wuling Cortez memiliki panjang 4.780 mm; lebar 1.816 mm; tinggi 1.755 mm dan jarak sumbu roda 2.750 mm. Sedangkan Untuk Innova venturer sendiri mempunyai ukuran panjang 4.735 mm; lebar 1.830 mm; tingi 1.795mm. sedangkan jarak sumbu roda sama dengan Wuling Cortez , yakni 2.750 mm.

Nah! untuk melihat perbedaan Wuling Cortez dan Innova Venturer selanjutnya , akan lebih adil dan menarik kalau kita bandingkan dengan menggunakan tipe teringgi dari masing-masing tipe. Untuk Wuling Cotez menggunakan Wuling Cortez 1.8 L Lux + AMT sedangkan pada Kijang Innova kita gunakan salah satu seri tertinggi dan termewahnya yaitu Kijang Innova Venturer 2.0 Q Venture AT yang sama-sama menggunakan mesin bensin.

baca juga: Harga Wuling Cortez, eksterior, interior dan warna terbaru 2019 Medan

Perbedaan Wuling Cortez dan Toyota Kijang Innova Venturer

Wuling Cortez yang hadir dengan mengusung tagline ‘The New Choice of MPV’ ini tetntunya bisa menjadi pilihan bagi para pelanggan yang gemar akan mobil MPV selain Kijang Innova. Walaupun baru namun jangan khawatir karena Wuling Cortez 1.8 ini juga menawarkan banyak fitur yang canggih dan tak kalah canggih dengan fitur-fitur yang ada di Kijang Innova venturer.  Sebagai perbandingan dari kedua tipe tersebut mari kita lihat perbedaannya dibawah ini!

Eksterior

Bila dilihat dari segi eksterior, desain Wuling Cortez nampak jelas menjiplak dari dua model mobil eropa yang sudah terkenal seperti Volkswagen hal ini bisa di lihat dari sisi depannya. Sedangkan  bila dilihat dari sisi belakang, desain mobil ini mirip dengan Audi Q5. Hal ini bisa dilihat dari model lampu belakang yang menyatu dengan pintu.

Sedangkan Kijang Innova Venturer mempunyai desain sendiri, namun sayang bentuknya kurang pas, karena beberapa bagian dari mobil ini mempunyai bentuk bodi yang  lebih  besar sehingga ukuran ban nampak menjadi lebih kecil. mobil ini terkesan seperti sebuah Mobil SUV yang sedang menggunakan  ban mobil untuk MPV.

Interior

Dari sisi interior nampak di bagian atap Wuling Cortez 1.8 sudah menggunakan electric sunroof yang terkoneksi dengan remote. Ini merupakan salah satu kemewahan yang ditunjukan dari Wuling Cortez 1.8. mobil ini juga sudah menggunakan sistem navigasi yang terintegrasi dengan GPS sehingga dapat memberikan petunjuk arah bagi pengemudi tanpa harus menghubungkannya dengan GPS.

Layar Multi Information Display (MID) trintegrasi dengan head unit, posisinya terletak di belakang stir kemudi. Dengan adanya fitur ini, maka pengemudi dapat dengan mudah mengetahui informasi tentang tekanan angin ban,  multi media display bluetooth phone maupun navigasi. Selain itu pengemudi juga dapat mendeteksi penggunaan sabuk pengaman di kelima kursi, melihat Posisi gigi porsneling,  mendeteksi suhu udara di luar mobil ataupun memberikan peringatan saat pengemudi telah berkendara terlalu lama.

Wuling Cortez juga dilengkapi dengan tombol pengaturan yang terdapat di lingkar kemudi, untuk media hiburan menggunakan layar audio dan video 8 inci dengan layar sentuh. Untuk memudahkan pengendara melihat di tempat yang gelap, tombol-tombol kontrol, kabin, bagasi serta  lubang kunci akan menyala secara otomatis.

Sedangkan Innova Venturer sebagai kendaraan mewah belum memiliki sunroof. Namun seperti juga Wuling Cortez, mobil ini juga sudah dilengkapi dengan AC Otomatis. Untuk Multi Information Display menggunakan model TFT, mobil ini juga sudah menggunakan All Auto Window. Ada juga Smart entry key, Illumination LED  sedangkan untuk media hiburan terdapat layar Audio dan video 8 inch. Bangku baris kedua menggunakan konfigurasi captain seat.

Mesin

Wuling Cortez dibekali dengan mesin berbahan bakar bensin dengan kapasitas mesin 1800cc, yang  mampu menghasilkan tenaga sebesar 129hp/5600rpm, dengan  torsi maksimum mencapai 174Nm. Mesin tersebut dipadukan dengan transmisi i-AMT 6 percepatan.

Sedangkan Innova Venturer, dibekali dengan dua pilihan mesin  yakni, mesin bensin 2.0 L serta mesin diesel 2.4 L. Untuk mesin bensin diklaim mampu menghasilkan tenaga sebesar 139 Ps dengan torsi maksimum 18.7 kgm. Mesin tersebut dipadukan dengan transmisi manual 5 percepatan. Sedangkan untuk  transmisi otomatis 6 percepatan.

Keselamatan dan Keamanan

Dalam hal keselamatan dan keamanan berkendara, baik Wuling Cortez maupun Innova Venturer mempunyai fitur yang tidak jauh berbeda. fungsi fitur kemanan kedua mobil hampir sama, hanya penamaannya saja yang sedikit berbeda.

Kalau Wuling Cortez 1.8 dilengkapi dengan fitur Automatic Vehicle Holding (AVH), Hill Hold Control (HHC) dan Electronic Stability Control (ESC). Sedangkan innova venturer juga mempunya Fitur yang tidak jauh berbeda dengan  Venturer, yaitu fitur Vehicle Stability Control (VSC), dan Hill Assist Control (HAC).

baca juga: Wuling Cortez Indonesia, spesifikasi dan tipe 1,8C dan 1,5

Sistem Penggerak

Ada yang mencolok dalam perbedaan antara kedua mobil inti, untuk Wuling Cortez menggunakan sistem penggerak roda depan (FWD). Sedangnkan Innova Venturer menggunakan sisitem penggerak roda belakang (RWD).

Kaki-kaki

Untuk pengereman, Wuling Cortez keempat rodanya menggunakan rem cakram. Sedangkan venturer hanya roda bagian depannya saja yangmenggunakan tromol, sedangkan bagian belakang menggunakan tromol. Wuling Cortez sudah menggunakan rem parkir elektronik sedangkan Innova Ventruer belum.

Di bagian roda, Wuling Cortez menggunakan ban ukuran 205/55/ R16, sedangkan Venturer menggunakan ukuran ban yang berbeda untuk bagian depan menggunakan ban ukuran 215/55 R17, sedangkan bagian belakang menggunakan ban ukuran 215/22 R17.

Untuk suspensinya sendiri, Wuling Cortez mengaplikasikannya dengan McPherson Strut Coil Spring Independent Suspension untuk bagian depan sedangkan bagian belakang menggunakan  Coil Spring & Suspensi Independen.

Sedangkan Innova Venturer menggunakan suspensi dengan Double Wishbone Coil Spring & stabilizer untuk bagian depan. Untuk bagian belakang menggunakan  4 Link Coil Spring & Lateral Road.

Kesimpulan

Dari beberapa keterangan tersebut dapat ditarik kesimpulan bahwa Wuling Cortez lebih unggul di beberapa bagian, begitu juga dengan harganya. Namun ini kembali lagi kepada selera para konsumennya masing-masing. apakah ingin membeli mobil dengan harga lebih murah lengkap dengan fitur-fitur canggihnya tapi masih memerlukan waktu untuk membuktikan ketangguhannnya, atau membeli Innova Venturer dengan harga yang lebih mahal tapi dengan fitur yang masih biasa saja.

Demikianlah beberapa perbedaan dari Wuling Cortez 1.8 dengan Toyota Kijang Innova Venturer. Semoga bisa menjadi referensi bagi anda untuk memilih salah satu dari mobil tersebut yang sesuai dengan kebutuhan anda. (Herryansyah).

Jika Tulisan ini bermanfaat, silakan dibagi ke teman anda..

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *