Press "Enter" to skip to content

Ini kelebihan Wuling Confero S 1.5 L dan Mitsubishi Xpander Ultimate

admin 0

Kelebihan Wuling Confero – berbicara tentang kelebihan Wuling Confero dan Mitsubishi Xpander memang sangat menarik untuk diketahui. Hal ini disebabkan karena kedua merk mobil tersebut sejak diluncurkan pertama kali sudah mampu menarik perhatian para pecinta otomotif tanah air dan  sangat fenomenal.

Walaupun baru dipasaran mobil kelas LMPV di Indonesia, namun kedua mobil ini mampu mempengaruhi penjualan merk mobil lainnya seperti, Toyota Avanza dan Daihatsu Xenia yang sudah lama menguasai kelas LMPV di Indonesia. Begitu juga dengan mobil lainnya seperti, Honda Mobilio maupun Suzuki Ertiga.

Saat ini banyak konsumen otomotif mulai beralih ke kedua merk mobil tersebut, karena keduanya memiliki kelebihan masing-masing. Mitsubishi Xpander misalnya  memiliki kelebihan pada modelnya yang futuristik dan lebih keren dibandingkan mobil-mobil LMPV lainnya. Sedangkan kelebihan Wuling Confero S 1.5 L memiliki kelebihan dengan harganya yang jauh lebih murah serta fitur-fiturnya yang lengkap.

Dengan model dan harga yang murah ditambah lagi dengan fitur-fitur yang lengkap dan modern, tidak heran kalau kehadiran kedua mobil ini sudah mulai banyak dilirik oleh para konsumen otomotif yang suka dengan hal-hal yang baru dari sebuah mobil yang tidak ada sebelumnya.

Nah! untuk mengetahui  kelebihan Wuling confero dan Mitsubishi Xpander, disini kami akan menggunakan tipe tertinggi dari keduanya. Untuk Wuling Confero kita gunakan tipe 1.5 L sedangkan untuk Mitsubishi Xpander kita gunakan tipe Ultimate.

baca juga: ini perbedaan wuling cortez 1.8 L dan mitsubishi xpander ultimate

Kelebihan Wuling Confero S 1.5 L dan Mitsubishi Xpander Ultimate

Eksterior Wuling Confero S 1.5 L

Kalau dilihat dari segi eksteriornya, Wuling Confero S 1.5 L memiliki desain mobil yang lebih kalem dibandingkan dengan Mitsubishi Xpander Ultimate, namun demikian desain Wuling Confero 1.5 L  tidak kalah elegan. Di bagian lampu penerangan depan, Wuling Confero S 1.5 L sudah dilengkapi dengan lampu proyektor pada headlampnya. Tipe ini juga sudah dilengkapi dengan lampu DRL yang terletak dibawah foglamp. Di bumper depan sudah terdapat sensor parkir depan

Di bagian samping, bentuk garis bodi tidak tajam tapi masih menunjukan kesan elegan dan mewah.  Pada jendela pintu terdapat aksen krom, begitu juga pada bagian handle pintu dan bodykid bagian bawah selain ada warna hitam juga  terdapat aksen krom. Kaca Spion sewarna dengan bodi dan sudah bisa dilipat karena menggunakan electric door mirror ditambah dengan lampu sein yang elegan. Di bagian atap sudah ada roof rail sehingga menambah kesan dinamis.

Di bagian belakang Wuling Confero S 1.5  menggunakan Rear Combination Lamp. Sehingga akan memberikan penerangan yang lebih baik ketika melakukan pengereman di malam hari. Selain itu pengendara di belakangnya juga tidak akan merasa silau. Mobil ini juga sudah dilengkapi spoiler dengan mountlamp berteknologi LED.

Dibagian kaca belakang ada wiper, sedangkan dibagian bumper bawah terdapat lampu kabut untuk memberikan penerangan yang  lebih baik ketika berkendara dalam kondisi gelap, berkabut tebal maupun hujan lebat.

baca juga: ini dia perbedaan wuling cortez dengan kijang innova venturer

Eksterior Mitsubishi Xpander Ultimate

Eksterior Pada Mitsubishi Xpander Ultimate ini untuk desain  nampak lebih unggul dari Wuling Confero 1.5 L, karena mobil ini sudah didesain lebih futuristik dan dinamis.  Desain depan mengambil konsep “Dynamic Shield”. Untuk lampu penerangan depan masih menggunakan headlamp dengan lampu halogen biasa.

Untuk posisi lampu LED pada Mitsubishi Xpander berada diatas, sejajar dengan kap mesin, ini dimaksudkan tidak hanya untuk penampilannya saja, namun juga untuk membuat mobil tersebut  terlihat lebih fituristik. Lampu utamanya terletak rendah di bagian bumper. Namun sayangnya  pada bagian bumper tidak terdapat sensor parkir.

Di bagian samping terdapat garis bodi yang benar-benar tajam. Kaca spion tampil elegan dengan aksen chrome ditambah dengan lampu sein. Handle pintu juga sudah dilapisi dengan chrome. Untuk garis pada bodi mobil ini  benar-benar tajam. Bagian atap Mitsubishi Xpander Ultimate tidak terdapat roof rail.

Di bagian belakang Mitsubishi Xpander Ultimate  terdapat lampu kombinasi LED yang unik mengarah ke pintu bagasi. Lampu LED belakang berbentuk L terpisah dari lampu rem. Dan untuk lampu remnya juga masih menggunakan lampu halogen.

Interior Wuling Confero S 1.5 L

kelebihan wuling confero pada doortrim sudah dilengkapi dengan bahan material yang lunak yang dibalut dengan kulit dan tidak semua materialnya terbuat dari palstik. Doortrim sudah dilengkapi dengan panel wood. Dasboard Wuling Confero L tidak memakai kulit, tapi bahan plastik yang digunakan lebih bagus dari Mitsubishi Xpander Ultimate.

kelebihan Wuling Confero S 1.5 L sudah dilengkapi dengan pengaturan ketinggian dan rendah lampu yang terletak di sebelah kanan dashboard. Ada juga tombol electronic fuel tank untuk membuka tutup tanki minyak. Sedangkan di roda kemudi terdapat tombol pengaturan audio dan menjawab telepon.

Di bagian belakang  roda kemudi terdapat speedo meter yang tampil elegant dan dilengkapi dengan TPMS (The Pressure Monitoring System) untuk mengetahui tekanan angin pada ban mobil. Ditengah dashboard terdapat Head unit sudah touch screen ukuran 8 inch yang sudah terintegrasi dengan kamera parkir.

Di atas head unit terdapat jam analog yang elegant. Dan dibawah head unit terdapat Pengaturan AC menggunakan model putar (potensio). Dibawah pengaturan AC ada Power USB, power HDMI dan power listrik.

Tipe ini juga sudah menggunakan console box yang berfungsi untuk penyimpanan barang-barang ukuran kecil. Console box sudah ada diberi aksen wood. Pada console ini  sudah ada penutup box yang juga dapat berfungsi sebagai handrest.

Jok kedua wuling confero s masih sangat lega, untuk pendingin udara sudah dilengkapi dengan AC double blower dengan pengaturan digital. Jok baris kedua juga bisa sliding. Sedangkan di jok baris ketiga sedikit lebih lega dibandingkan dengan jok Xpander. Untuk headroom juga masih sangat lega.

Interior Mitsubishi Xpander Ultimate

Door trim Xpander material utamanya adalah plastik. Modelnya seolah-olah terbuat dari kulit dan jahitan padahal plastik. Ada panel wood dan softless material yang semuanya terbuat dari bahan plastik.

Di bagian dashboard Mitsubishi  Xpander Ultimate terdapat i tombol start/stop engine, ada juga tombol VSA (Vehicle stability assistent).  Namun tidak ada pengaturan ketinggian lampu. Untuk roda kemudi sudah dilengkapi dengan pengaturan audio dan juga penjawab telepon.

Dibelakang roda kemudi terdapat Speedo meter yang tampil elegan serta dilengkapi dengan MID. Ditengah dashboard terdapat Head unit touchscreen yang letaknya dibagian atas. Di bawah headunit terdapat  Pengaturan AC yang tampil minimalis. Ada concole box yang sederhana namun tidak bisa berfungsi sebagai handrest.

Jok baris kedua untuk Xpander masih lega dan menggunakan sliding untuk maju mundur. Head room juga masih sangat lega. Disini juga sudah dilengkapi dengan AC double Blower. Sedangkan jok baris ketiga sudah pas-pasan untuk postur tinggi 175 cm, namun bisa sedikit lebih lega jika jok baris kedua dimajukan. Head room baris ke tiga juga sudah pas-pasan.

Kaki-kaki

Pada bagian kaki kaki, Wuling Confero S menggunakan Velg  Alloy with machine 15 inch dengan ukuran ban 195/60 R 15. Untuk  suspensi bagian depan menggunakan tipe McPherson Strut Coil Spring, Independent Suspension. Sedangkan, untuk suspensi di sektor belakang  menggunakan tipe Coil Spring, Semi Independent Suspension.

Untuk fitur pengereman sendiri, Wuling Confero S  mengandalkan pengereman Disc (depan) dan Drum (belakang) yang sudah dilengkapi dengan teknologi anti-lock braking system (ABS) dan Electronic Brake Distribution (EBD).  Namun belum dilengkapi dengan HSA (Hill start Assist).

Sedangkan Mitsubishi Xpander  Ultimate  menggunakan velg 16 inch dengan ukuran ban 205/55 R 16. Untuk suspensi depan menggunakan Macherson Strut Coil Spring dan suspensi belakang menggunakan Torsion Beam.

Untuk fitur pengereman, Mitsubishi Xpander Ultimate menganddalakan pengereman  cakram untuk bagian depan dan rem belakang menggunakan tromol. pengereman Mitsubishi Xpander juga dilengkapi dengan rem berteknologi ABS, EBD, dan BA mobil ini juga sudah dilengkapi dengan fitur HSA (Hill Start Assist).

Mesin

Wuling Confero S 1.5 L menggunakan mesin 1500 cc dengan power mencapai 107 HP pada putaran mesin 5.800 rpm, dan torsi 142 NM. yang bisa dhasilkan pada putaran mesin 3.800 rpm sampai 4.400 rpm. Tenaga mesin disalurkan melalui penggerak roda belakang.  Mobil ini hanya tersedia satu varian transmisi, yaitu manual 5 percepatan.

Mitsubishi Xpander Ultimate juga menggunakan mesin 1500 cc yang dapat menghasilkan tenaga sebesar 103 Hpdan torsi sebesar 141 NM. Tenaga mesin disalurkan melalui pengerak rodda depan.

Fitur-fitur

Wuling Confero 1.5 L menggunakan anak kunci dengan model lipat namun sudah menggunakan  teknologi immobilizer. Sedangkan Mitsubishi Xpander Ultimate sudah tidak menggunakan anak kunci lagi karena sudah dibekali dengan keyless entry dan start/stop engine botton.

Roda kemudi pada wuling confero L masih Tilt, namun jika diturunkan habis lalu dilepas, roda kemudi langsung memantul keatas dan akan kembali ke posisi semula. Walaupun hanya tilt, namun posisi mengemudinya masih terasa nyaman karena lumayan tinggi.

Pengaturan roda kemudi pada xpander sudah bisa diatur secara flexible karena sudah menggunakan fitur Tilt dan telescopic. Sehingga pengemudi bisa mengatur posisi roda kemudi yang nyaman dan ergonomis.

Kesimpulan

Dari pembahasan diatas tadi dapat kita tarik kesimpulan, baik dari Wuling Confero S 1.5 L  maupun Mitsubishi Xpander Ultimate sama-sama memiliki kelebihan.

Dalam hal desain eksterior, Mitsubishi Xpnader Ultimate lebih unggul karena modelnya nampak lebih futuristik, selain itu Mitsubishi Xpander Ultimate juga unggul dalam hal fitur seperti  keyless entry + start/stop engine botton, head unit sony, pengaturan roda kemudi.

Kalau dilihat dari segi interiornya Wuling Confero S 1.5 L lebih unggul karena desainnya terkesan lebih mewah. Mobil ini juga memiliki Captain seat yang dilengkapi dengan armrest. Sedangkan Mitsubishi Xpander Ultimate tidak punya captain seat namun bangku ketiganya bisa dilipat rata dengan lantai sehingga akomodasi lebish besar.

Sedangkan dalam hal Head unit kedua mobil ini sudah sama-sama menggunakan layar sentuh. Untuk head unit Wuling sebesar 8 inch sedangkan xpander 7 inch. Namun Mitsubishi Xpander Ultimate lebih unggul karena menggunakan merk Sony.

Untuk material kabin Wuling Confero S 1.5 L lebih unggul, karena baik jok maupun doortrim  sudah dilapisi kulit. Sementara Mitsubishi Xpander Ultimate masih menggunakan bahan fabric dan plastik.

Selain itu Wuling confero S 1.5 L juga masih unggul disektor Headlamp, karena sudah menggunakan lampu proyektor dan harga mobil ini juga jauh lebih murah dari Mitsubishi Xpander Ultimate.

Demikianlah pembahasan kami tentang kelebihan Wuling Confero S 1.5 L dengan Mitsubishi Xpander Ultimate, semoga bisa menjadi referensi yang berguna bagi anda sebelum memutuskan membeli salah satu dari keduanya. (Herryansyah)

Jika Tulisan ini bermanfaat, silakan dibagi ke teman anda..

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *