Press "Enter" to skip to content

Honda Brio 2018, spesifikasi dan fitur-fiturnya yang perlu diketahui

admin 0

Honda Brio 2018 –  sejak dipasarkan pada tahun 2013, Honda Brio laris manis terjual, mobil murah dari produsen Honda ini merupakan salah satu jenis LCGC yang menjadi pesaing utama dari Toyota Agya dan Daihatsu Ayla.

Walaupun bentuknya mungil, namun mobil yang satu ini mempnyai tampilan yang  menarik dan elegan. Dengan harga yang kompetitif  dan dilengkapi dengan beberapa fitur yang  tidak dimiliki oleh mobil jenis LCGC lainnya, mobil ini pun  mampu menarik perhatian para konsumennya.

Honda Brio 2018 saat ini tampil dengan desain yang lebih fresh dan sporty dari honda Brio sebelumnya. Dengan konsep body yang agak meruncing kedepan, maka mobil ini memang ditujukan  kepada anak muda yang aktif dan dinamis.

Ada beberapa tipe  Honda Brio yang tersedia untuk memenuhi kebutuhan konsumennya diantaranya,  Honda Brio Satya S MT, Brio Satya E MT dan Brio Satya E CVT. Sedangkan untuk tipe tertinggi adalah Honda Brio RS MT dan Brio Satya RS CVT.

Setiap tipe mempunyai fitur yang berbeda, sehingga wajar saja kalau tiap tipe dari Honda Brio 2018 dijual dengan harga yang berbeda juga. Walaupun di bandrol dengan harga  murah, namun mobil ini mempunyai mutu yang sangat baik.

Untuk mengetahui tentang spesifikasi dan fitur-fitur Honda Mobilio 2018, maka dibawah ini kami akan memberikan informasi singkatnya.

Baca juga: Spesifikasi Honda HRV 2018 – Warna, Interior dan Mesin

Honda Brio 2018, spesifikasi dan fitur-fiturnya

Dimensi

Untuk dimensinya Honda Brio 2018 mempunyai panjang keseluruhan 3.610 mm, lebar  1.680mm dan tinggi keseluruhan 1.485 mm. Untuk poros roda 1.485 mm, jarak pijak depan 1.480 mm dan jarak pijak belakang  1.465 mm. Sedangkan kapasitas tangki BBM 35 Liter.

Eksterior

Pada bagian eksteriornya, Honda Brio 2018 ini  nampak begitu gagah dan sporty. Hal ini dapat  dilihat dari  bentuk grille terbarunya  yang dipadu dengan  bumpernya yang menyatu dengan headlamp.

Bila dilihat pada bagian sampingnya, honda mobilio ini menampilkan garis bodi yang begitu tegas, sehingga bentuk  mobil ini terkesan berani namun tetap anggun.

Sedangkan pada bagian belakang Honda Brio 2018 ini memiliki desain lampu belakang  yang stylist dan modern. Dengan modelnya yang tajam, selain itu ada juga Tailgate spoiler dengan bentuk yang stylist.

baca juga: Spesifikasi Honda Brio 2018

Interior

Bila dilihat pada bagian interiornya, seperti pada bagian dashboardnya, Honda Brio 2018 ini menampilkan model yang modern . Dengan paduan  warna hitam dan krim dashboard Honda Brio 2018 nampak begitu mewah dan elegan.

Untuk penyejuk ruangan, mobil ini sudah dilengkapi dengan new digital AC. Sedangkan untuk mengurangi panasnya sinar matahari yang masuk kedalam kabin, Hond Brio 2018 sudah dilengkapi dengan  teknologi Heat Rejecting Green Tinted Glass.

Penumpang juga akan dimanjakan dengan hiburan dengan alunan musik yang indah dari Audio yang disediakan oleh Honda Brio 2018 berupa Head unit berukuran 6.2 inch. Head unit tersebut berbentuk  Single DIN  AM/FM Radio, Single Disc MP3?WMA + USB Port + AUX Input yang digunakan pada  Brio tipe Satya A, S, E. Sedangkan pada Tipe Brio S A/T dan Brio E A/T menggunakan Double DIN AM/FM Single Disc MP3/WMA, CD Player + USB port + AUX input + Made for iPhone + Bluetooth ready.

Sedangkan di panel Information Display ada fitur Eco indicator sebagai indikator bagi  pengemudi untuk bisa mengatur laju kendaraan agar bahan bakar menjadi lebih irit. Selain itu Honda Brio 2018 juga sudah dilengkapi dengan fitur New Power Retractable Door Mirror with  LED turning signal. Kursi Honda Brio 2018 sudah menggunakan material yang berkualitas dan mewah.

baca juga: Harga Kredit Mobilio -Simulasi Kredit dan cicilan 2018 Medan

Mesin

Walaupun mempunyai fitur dan harga yang berbeda, namun semua tipe Honda Brio 2018 menggunakan tipe mesin yang sama yaitu  i-VTEC 1.2 Liter. Sehingga tenaga yang dihasilkan bisa mencapai  88 Ps pada 6000  rpm,  dengan torsi maksimum mencapai 11.1 kgm pada 4.500 rpm.

Sistem elektronik Drive By Wire  juga digunakan oleh mobil ini, fitur ini berfungsi  untuk mengontrol buka tutup throttle valve, sehingga dapat mengoptimalkan akselerasinya namun tetap hemat bahan bakar. Mesin honda Brio menggunakan sistem pembakaran PGM-FI, sehingga semakin irit bahan bakar.

Keselamatan dan keamanan

Untuk menghindari benturan, Honda Brio ini sudah dilengkapi dengan Dual Front SRS Airbags dan  Side Impact Beam. Lalu ada juga Pretensioner with Load Limiter Seatbelt, Driver Seatbelt Reminder.

Sedangkan untuk menghindari pencurian atau ada orang lain yang masuk ke dalam mobil dengan cara paksa, maka Honda Brio  2018 sudah dibekali dengan fitur Wave Key untuk semua tipe. Begitu juga dengan Keyless entry, Immobilizer serta alarm sistem untuk tipe S dan E.

Baca juga : Honda HRV facelift 2018 : Desain eksterior dan interior

Sistem kemudi, Kaki-kaki dan Pengereman

Honda Brio 2018 sudah menerapkan sistem Rack & Pinion with Electric Power Steering (EPS) untuk kemudinya. Sedangkan untuk kenyamanan pengemudinya dalam mengendarai mobil tersebut serta menyesuaikan  tinggi badan si pengemudi, Honda Brio juga sudah  dilengkapi dengan Tilt & Teleskopic Steering untuk semua tipe.

Produsen Honda selalu mempercayai  suspensi yang sama untuk semua produk mobilnya, untuk suspensi  bagian depan maupun belakang Honda Brio mempercayakan kepada MacPherson Strut, merk yang sama digunakan oleh CRV, HRV, Mobilio dan mobil-mobil Honda lainnya. H-Shape Torsion Beam. Merk tersebut dipercaya dapat memberikan kenyamanan kepada penumpangnya.

Sedangkan pengereman bagian depan menggunakan menggunakan rem cakram (Ventilated Disc). Sedangkan bagian belakang menggunakan tromol. Mobil ini juga sudah dilengkapi dengan fitur pengereman yang menggunakan sistem ABS ( Anti Lock Breaking system). Fitur ini berfungsi untuk mencegah penguncian roda pada saat pengereman mendadak.

Selain itu mobil ini  juga dilengkapi dengan fitur  EBD (Electric Brake-force Distribution). Dengan Fitur ini maka pendistribusian daya pengereman bisa disesuaikan dengan bobot kendaraan, sistem ini dipakai untuk Tipe E CVT dan Brio RS.

Sedangkan untuk Velg, Honda Brio satya berbeda dengan Honda Brio RS. Honda Brio Satya menggunakan Velg 14 inch sedangkan Honda Brio RS menggunakan Velg dengan ukuran 15 inch.

Demikianlah informasi yang dapat kami berikan kepada anda mengenai Honda Brio 2018, semoga menjadi referensi yang berguna bagi anda sebelum membelinya. (Herryansyah)

Jika Tulisan ini bermanfaat, silakan dibagi ke teman anda..

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *